Ketahui Apa itu Maket, Fungsi dan Jenisnya

Maket Milik Pola Raya
18 Maret 2024
Categories:
Informasi
Tags:
maket
Maket arsitektur

Maket bukan hanya sebuah representasi kecil dari realitas, melainkan alat yang mendorong inovasi, memfasilitasi kolaborasi dan memungkinkan pengambilan keputusan terhadap informasi untuk menciptakan desain yang berdampak dan memajukan peradaban manusia.

Dalam dunia arsitektur, perencanaan perkotaan dan berbagai disiplin teknik lainnya, maket memegang peran penting dalam visualisasi konsep, struktur dan desain. tetapi apa itu maket dan apa fungsi serta jenisnya ?

Konsep Maket

Maket pada dasarnya adalah representasi atau replika kecil dari sebuah objek, sistem dan struktur. Ini berfungsi sebagai alat untuk visualisasi, komunikasi, analisis dan pengambilan keputusan dalam berbagai bidang mulai dari arsitektur, perencanaan kota hingga desain produk dan rekayasa industri.

Fungsi Maket

1. Memberikan Visualisasi
Maket memberikan representasi dari ide-ide abstrak, maket memberikan visualisai yang lebih jelas dan detail tentang suatu objek dan bangunan alam bentuk tiga dimensi. Baik itu desain bangunan, rencana pengembangan perkotaan, atau prototipe produk.

Sebuah maket menghidupkan ide-ide dalam bentuk nyata mulai dari bentuk, skala, ukuran, detail dan elemen yang ada pada objek atau bangunan tersebut.

2. Menjadi Alat Komunikasi
Maket menjadi alat komunikasi yang kuat, membantu para arsitek atau desainer dalam perencanaan dan pengembangan proyek.  Maket memungkinkan arsitek, insinyur, desainer dan klien untuk menyampaikan ide, konsep dan visi mereka dengan jelas.

Dengan mempresentasikan maket fisik atau digital, para pemangku kepentingan dapat memahami lebih baik tentang rencana pembangunan dan memberikan saran yang dapat membantu memperbaiki desain atau merencanakan proyek secara keseluruhan.

3. Menganalisa Risiko Kesalahan

Maket memfasilitasi berbagai bentuk analisis, mulai dari integritas struktural dan hubungan spasial hingga pertimbangan estetika dan pengalaman pengguna. Dengan mempelajari sebuah maket, para profesional dapat menilai kelayakan, mengidentifikasi tentang potensial dan mengoptimalkan desain untuk meningkatan kinerja dan fungsionalitas.

4. Membantu dalam Pengambilan Keputusan.

Maket memiliki peran penting dalam proses pengambilan keputusan dengan memungkinkan para pemangku kepentingan seperti investor, klien untuk mengevalusai berbagai pilihan yang lebih tepat dan bijaksana.

Para pengambil keputusan dapat memilih skema desain, menetapkan rencana pembangunan atau renovasi dan memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang hasil akhir yang diharapkan.

Maket Pola Raya Studio

Jenis-Jenis Maket

  1. Maket Arsitektur
    Menggambarkan bangunan struktur dan lanskap menampilkan tata letak spasial, bentuk dan estetika dalam bentuk tiga dimensi. Maket ini bervariasi dalam skala dan kompleksitas, mulai dari maket sederhana hingga replika yang rumit dan terperinci.
  2. Maket Perencanaan Kota
    Digunakan untuk mempresentasikan tata letak dan struktur kota, lingkungan dan lanskap perkotaan dalam bentuk tiga dimensi. Maket ini membantu untuk membuat keputusan yang terinformasi tentang regulasi zonasi, pengembangan infrastruktur dan desain komunitas.
  3. Maket Transportasi
    Maket Transportasi mempresentasikan kendaraan seperti pesawat, kereta api atau mobil dalam bentuk tiga dimensi. Maket dibuat dengan skala tertentu dan mencakup elemen-elemen seperti bentuk, ukuran, detail dan tekstur.
  4. Maket Alam
    Maket yang digunakan untuk mepresentasikan kondisi alam seperti pegunungan, danau, hutan, atau pantai dalam bentuk tiga dimensi. Maket mencakup elemen-elemen relief, vegetasi, air dan batu.
  5. Maket Produk
    Maket digunakan untuk mepresentasikan produk seperti mainan, elektronik, dan elemen pembantu lainnya dalam bentuk tiga dimensi dengan warna, ukuran dan material yang bervariasi.
  6. Maket Film dan Animasi
    Maket yang digunakan dalam memproduksi filim dan animasi untuk membantu mengatur set dan karakter dalam bentuk tiga dimensi.

Dengan memahami fungsi dan jenis maket, para profesional dapat mempengaruhi pemangku keputusan dalam mengambil sebuah tindakan yang berpotensi dalam memajukan peradaban manusia.

Pola Raya Studio sebagai jasa pembuat maket profesional turut andil dalam memajukan peradaban manusia melalui karya yang dihasilkan. Berpengalaman lebih dari 40 tahun dan memiliki workshop terbesar di Asia Tenggara, Pola Raya berkomitmen untuk terus membantu klien melalui teknologi untuk mencapai kemajuan.