Melihat Keindahan IKN Nusantara Dalam Tiga Dimensi

IKN dalam tiga dimensi
27 Maret 2024
Categories:
Informasi
Tags:
IKN
maket
Maket IKN
Smart Maket

IKN adalah destinasi yang tidak hanya menawarkan keindahan alam yang luar biasa, tetapi juga merangkum kekayaan budaya Indonesia. Dengan akses yang mudah, para wisatawan dapat mengeksplorasi pesona Ibu Kota Nusantara dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan dalam perjalanan mereka.

Tentang IKN Nusantara

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah proyek strategis nasional yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia. IKN terletak di dua kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, yaitu Kabupaten Penajem Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Pemindahan IKN merupakan langkah untuk menyeimbangkan distribusi ekonomi dan populasi yang selama ini berfokus di Pulau Jawa. Tidak sekedar tentang memindahkan pusat administrasi, tetapi juga sebuah perjalanan menuju pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.

Istana Kepresidenan IKN

Wilayah IKN

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara resmi merilis peta rencana detail tata ruang (RDTR) dan tata guna lahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sebanyak 63 persen dari 6.600 hektare total luas lahan IKN akan diperuntukkan sebagai hutan kota.

Berdasarkan informasi resmi dari sosial media IKN, pembagian Ibu Kota Nusantara (IKN) dibagi menjadi beberapa wilayah.

  1. Kawasan Barat
    Kawasan ini disiapkan untuk pusat perkantoran, kawasan bisnisn, pusat pengembangan talenta dan perguruan tinggi.
  2. Kawasan Timur
    Kawsan timur akan menjadi pusat perkantoran, bisnisn, pusat pengembangan talenta, hotel bisnisn dan MICE (Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions). 
  3. Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP)
    Kawasan ini merupakan pusat pemerintah nasional dan perkantoran.

Peta wilayah IKN Nusantara di visualisasikan melalui gambar tiga dimensi atau biasa disebut maket. Pola Raya sebagai jasa maket profesional dipercaya untuk membuat visualisai IKN Nusantara melalui smart maket.

Menggunakan Skala 1:1500 keindahan , suasana malam dan siang IKN Nusantara terlihat nampak nyata dalam smart maket yang dibuat oleh Pola Raya. Mulai dari Kawasan Istana Presiden, Kementerian Setneg, Rumah tapak Jabatan Menteri, Gedung Perkantoran dan Pusat Bisnis lainnya.

Pusat Kota IKN

Gedung Kementrian IKN